5 Alasan Berbisnis Usaha Kuliner Waralaba (Franchise)

bisnis waralaba kuliner

Mungkin Anda sudah sering mendengar usaha kuliner waralaba (franchise), namun apa Anda mengerti apa yang dimaksud dengan bisnis waralaba (franchise)? Bisnis waralaba adalah suatu bentuk usaha berdagang kemitraan yang ide, merk dagang (brand), terkadang juga bahan atau alat berdagangnya Anda dapat dari pemilik merk dagang. Bisnis waralaba kuliner pertama di dunia adalah McDonalds. Bisnis waralaba usaha kuliner McDonalds sudah ada dari tahun 1960an lho. Tidak kaget kalau sekarang gerai-gerainya dapat ditemukan di seluruh dunia karena brand ini sudah dikenal jutaan orang di dunia dan terus mengikuti perkembangan zaman dan tradisi tempat ia beroperasi.

Bercermin dari kesuksesan McDonalds, pasti sebagai pebisnis mau juga memiliki usaha yang dikenal banyak orang dan dapat meraup keuntungan. Maka itu mari kita pahami dulu yang dimaksud dengan bisnis waralabausaha kuliner secara sederhana.

Contoh: Ibu Mawar memiliki ide usaha kuliner berupa minuman kopi dengan boba yang berbahan dasar tepung singkong. Usaha kuliner tersebut diberi nama/merk Drinkong. Setelah sukses berjualan sendiri dan Drinkong telah dikenal banyak orang, Ibu Mawar berniat mengajak orang yang ingin ikut berjualan Drinkong atau bermitra dengan membayar sebesar 45 juta. Dengan membayar biaya 45 juta, mitra akan mendapat pelatihan cara membuat minuman-minuman menu Drinkong, gerobak dengan desain yang sudah dipatenkan, dan bahan-bahan Drinkong sebanyak 100 gelas/porsi.

Mengapa memulai bisnis usaha kuliner waralaba (franchise)?

  1. Usaha kuliner waralaba biasanya sudah memiliki pangsa pasar yang pasti sehingga Anda tidak perlu bereksperimen menjajal apa yang laris di pasaran.
  2. Franchisor atau pemilik merk usaha kuliner waralaba sudah melakukan strategi pemasaran atau marketing. Hal ini sangat menguntungkan Anda, mengingat biaya marketing usaha kuliner tidaklah murah. Anda hanya perlu memfokuskan usaha kuliner Anda pada upaya pembenahan pelayanan ke pelangga.
  3. Anda tidak perlu repot memikirkan racikan atau ramuan menu masakan pada usaha kuliner karena biasanya franchisor sudah menyediakan konsultan kuliner atau chef yang sudah berpengalaman sehingga rasa dan kualitas makanan tetap terjaga. Konsultan atau chef tersebut akan memberikan pelatihan kepada pekerja usaha kuliner Anda dalam kurun waktu tertentu.
  4. Berbisnis usaha kuliner kadang membuat Anda kewalahan saat kedatangan pelanggan yang sangat banyak, dengan menjadi mitra usaha kuliner waralaba Anda dapat berdiskusi dengan konsultan franchisor dalam mencari solusi ketika usaha kuliner Anda mengalami kesulitan.
  5. Selain kualitas dan harga makanan, lokasi usaha kuliner juga kadang berpengaruh dalam kesuksesan Anda berjualan. Tim franchisor biasanya bersedia membantu Anda dalam mencari lokasi usaha kuliner yang tepat. Tidak sedikit orang yang datang ke franchisor untuk sekaligus mencarikan lokasi usaha kuliner yang tepat.

Apakah Anda berniat memulai usaha kuliner waralaba (franchise)? Pilih usaha kuliner waralaba (franchise) paling laris saat ini! Bergabunglah dengan komunitas usaha kuliner kami di sini.

error: Content is protected !!
Open chat
1
Hai, Anda sedang cari mitra Usaha Kuliner? Mari diskusikan dengan tim pebisnis kuliner kami!